BERANDA SERVIS PANGGILAN SERVIS ONLINE MAINTENANCE WHAT CLIENT SAYS BOOKING TANYA JAWAB WHATSAPP

Kontak yang digunakan oleh ServisKomputerBali.com hanya +6281999988182 / +6287861847157 / +6283119090908, Termasuk Kontak Teknisi pun Hanya akan Diberikan Melalui Kontak Ini. Harap tidak Merespon apabila ada Kontak Lain yang Mengatasnamakan ServisKomputerBali.com, Terimakasih!

Perbedaan Password Bios dan Windows beserta cara Resetnya



1. Mulai dengan Password Bios, password yang disetting pada motherboard atau mesin, untuk masuk ke bios, tiap motherboard komputer atau laptop memiliki penggunaan tombol yang berbeda, ada yang menggunakan F2, DEL, atau yang lain (bisa googling sesuai merk motherboard atau laptop). caranya adalah menekan tombol tersebut saat komputer atau laptop dinyalakan.

Secara singkat pengaturan bios ini adalah tempat untuk mengatur sistem motherboard, seperti misalnya pengaturan urutan booting (apa yang dijalankan pertama saat komputer atau laptop dihidupkan, hardisk, dvd, dsb), seperti contohnya saat keperluan menginstall windows atau menjalankan program khusus melalui cd, maka atur agar dvd yang jalan terlebih dahulu. dan pengaturan lainnya seperti jam, dsb.

Pada beberapa jenis motherboard disediakan 2 pengaturan password didalamnya, pengaturan password mesin sebelum masuk ke windows, dan password hardisk. disarankan hati-hati saat memberikan password hardisk, karena dapat terjadi kasus apabila motherboard rusak, maka hardisk tidak dapat terbaca di motherboard lain.

Ciri-Ciri Password bios adalah hanya tampil kotak biru dengan kolom untuk memasukkan password :


Cara mereset password bios ini adalah dengan melepas baterai CMOS selama beberapa menit, dengan kondisi jumper CMOS dipindahkan dari posisi pin 1-2 ke 2-3 (apabila pin jumper CMOS hanya menggunakan 2 pin, lepas atau tambahkan jumper langsung pada pin 1-2. (pada laptop biasanya tidak menggunakan jumper), biarkan -+ 15 menit dengan kondisi tidak terhubung listrik sama sekali, cabut semua kabel yang terhubung. kemudian pasang kembali baterai CMOS dan lepas atau kembalikan posisi jumber ke posisi semula.

Apabila cara diatas tidak berhasil, cara kedua adalah menggunakan bantuan software (untuk laptop gunakan cara ini terdahulu agar tidak perlu membongkar laptop, dibutuhkan CD Blank untuk. pertama download dulu software Hirens CD Boot DISINI (592.50MB).

Setelah selesai mendownload, Burn Hirens CD Boot ke dalam CD, setelah selesai burning, masukkan CD ke komputer atau laptop. Saat menu Hirens CD Boot sudah muncul, pilih DOS Program, kemudian BIOS/CMOS TOOLS, lalu KILL CMOS (Wipe CMOS). cara memilih Ketik Angka sesuai Menu kemudian tekan Enter. pilih Yes saat muncul Nofikasi. kemudian Restart.

Apabila belum berhasil, gunakan menu !BIOS 3.20 (ibios), pilih BLASTERS, kemudian ATTACK 3, ketik Y dan tekan Enter untuk Konfirmasi YA.

Silahkan coba menu lainnya apabila 2 menu diatas belum berhasil, 2 menu diatas adalah yang paling sering berhasil digunakan.

2. Kemudian yang kedua adalah Password Windows, password yang disetting langsung melalui Control Panel atau Pengaturan Windows, jadi password ini hanya tertanam pada program windows nya saja, berbeda dengan password bios yang tertanam pada motherboard atau mesin.=

Tampilan password windows (windows 7, tampilan pada windows lainnya. windows xp, 8, 8.1, dan 10, hampir sama)


Cara Reset Passwordnya masih sama dengan menggunakan bantuan Software Hirens CD Boot, nyalakan Komputer atau Laptop dengan kondisi CD Hirens CD Boot sudah terpasang.

Masuk ke menu Mini Windows XP. setelah sudah masuk ke Windows XP, masuk ke HBCD Menu, pilih Program > Password / Key > Windows Login > NTPW Edit. setelah terbuka cari file "SAM" di partisi yang terinstall Windows, terletak di Folder Windows > System32 > Config. klik file SAM kemudian pilih Open. maka akan muncul User Windows yang akan direset. pilih User dan Change Password (kosongkan apabila tidak ingin menggunakan password). lalu OK dan Save Changes. Kemudian Shut Down, dan Hidupkan kembali Komputer atau Laptop sambil Mengeluarkan CD.

*pada beberapa motherboard dan laptop keluaran 2016 keatas, Mini Windows XP pada Hirens CD Boot tidak dapat digunakan (akan muncul blue screen) ini dikarenakan tidak didukungnya jenis program tersebut oleh jenis mesin.

Semoga bermanfaat :)